Sabtu, 05 November 2016

SEPEDA MOTOR PERTAMA DI DUNIA



SEPEDA MOTOR PERTAMA DI DUNIA






 Sepeda motor kini menjadi satu diantara alat transportasi yang populer dan menjadi pilihan masyarakat. Namun tahukah Anda sebelum muncul berbagai jenis merek dan jenis, butuh penelitian yang panjang hingga menjadi berbagai rupa sepeda motor seperti sekarang ini.
  • Penemuan sepeda motor diawali pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda.
    Usaha tersebut kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler, seorang penemu asal Inggris. Butler membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran dalam. Sejak penemuan tersebut, semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil.
    Awalnya sepeda motor berbentuk sepeda kayu yang dilengkapi dengan mesin. Sepeda tersebut dinamakan Reitwagen ("riding car") dan menjadi sepeda motor pertama di dunia yang diketemukan pada tahun 1885.

    Lalu kapan sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia? menurut catatan sejarah Probolinggo menjadi tempat pertama kali hadirnya sepeda motor di Indonesia.
    Sepeda motor telah hadir di Indonesia sejak tahun 1893, sejak jaman pendudukan Belanda yang saat itu masih bernama Hindia Timur.
    Adalah John C. Potter orang Inggris yang sehari-hari bekerja sebagai masinis pertama di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur-lah yang memiliki sepeda motor pertama itu.

    Dalam buku Krèta Sètan (De Duivelswagen) dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor tersebut dari pabriknya Hildebrand und Wolfműller di Muenchen, Jerman.
    Sepeda motor pesanan Potter itu tiba pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama tiba di Indonesia. Dan hal tersebutlah yang membuat Potter menjadi orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor.
    Pada awal tahun 1960-an, skuter Vespa masuk Indonesia disusul dengan skuter Lambretta pada akhir tahun 1960-an. Pada masa itu, masuk pula sepeda motor asal Jepang, Honda, Suzuki, Yamaha, dan belakangan juga Kawasaki.
    Berikut spesifikasinya 


  • Manufacturer
    Hildebrand & Wolfmüller
    Production
    1894–1897
    Engine
    1,489 cc (90.9 cu in) two-cylinder water-cooled four-stroke, surface carburetor
    Bore / Stroke
    90 mm × 117 mm (3.5 in × 4.6 in)
    Top speed
    28 mph (45 km/h)
    Power
    2.5 bhp (1.9 kW) @ 240 rpm
    Ignition type
    Hot tube
    Transmission
    Direct drive via connecting rods
    Frame type
    Steel tubular
    Brakes
    spoon brake, friction against front tire
    Tires
    pneumatic, front 26 in (66 cm), rear 22 in (56 cm)
    Weight
    110 lb (50 kg) (dry)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar